Copas lagi dari punyanya omz WENDA
http://diy4all.wordpress.com/2013/11/25/diy-setting-altitude-pada-honda-vario-125-
cuma saya sangsi….ada nggak yaaaaa gunung setinggi 4000 mdpl yg masih bisa didaki pake motor matic dan ini lah yg saya suka dari injeksi PGM-FI karena memberikan keleluasaan terhadap saya untuk menset sesuai keinginan tanpa harus refott2 ke beres , walaupun dibilang injeksi setengah hati
woke setelah tahu batasan tiap2 mode maka tutorial selanjutnya adalah cara membongkar panel depan (cover front top) , untuk meng akses DLCnya….dan caranya adalah sebagai berikut:
videonya:
setting altitude mode #2
pastikan kunci kontak pada posisi OFF
pasang jumper pada DLC connector
putar throttle pada posisi2 full
putar kunci kontak ke posisi ON
mil akan menyala
sesaat kemudian mil akan berkedip
tutup-buka-tutup throttle dg interval 0,5 detik
mil akan berkedip 2 kedipan konstan tanda bahwa setting berhasil
setting altitude mode 2
setting altitude mode #3
pastikan kunci kontak pada posisi OFF
pasang jumper pada DLC connector
putar throttle pada posisi2 full
putar kunci kontak ke posisi ON
mil akan menyala
sesaat kemudian mil akan berkedip
tutup-buka-tutup – buka – tutup throttle dg interval 0,5 detik
mil akan berkedip 3 kedipan konstan tanda bahwa setting berhasil
videonya:
setting altitude mode #4
pastikan kunci kontak pada posisi OFF
pasang jumper pada DLC connector
putar throttle pada posisi2 full
putar kunci kontak ke posisi ON
mil akan menyala
sesaat kemudian mil akan berkedip
tutup – buka – tutup – buka – tutup – buka – tutup throttle dg interval 0,5 detik
mil akan berkedip 4 kedipan konstan tanda bahwa setting berhasil
videonya
note: pastikan ketika saat awal DLC jumper dipasang dan kontak dihidupka (tanpa memuntir throttle) MIL mati…..jika MIL hidup lakukan inisialisasi reset ecu….. cara reset ecu…nanti tunggu artikel berikutnya yeeeeee
with-video/
http://diy4all.wordpress.com/2013/11/25/diy-setting-altitude-pada-honda-vario-125-
ok pada artikel ini saya akan mengetengahkan cara setting altitude (setting ketinggian) pada motor vario 125 mode #1 sampai mode #4 dg tehnik jumper pada DLC (Data Link Connector), namun sedikit berbeda dari artikel di warungnya mbah RT dulu karena pada artikel ini saya posting juga video tutorialnya agar lebih mudah dalam prakteknya…..woke….. lets start te tutorial
tools yg musti disiapkan cuma 2 yaitu: Obeng kembang dan kabel secukupnya (saya pake pinset) mudah dan murah bukan…. sebelum kita beranjak ke tutorial ada perlunya kita mengetahui batasan ada masing2 mode… batasan untuk masing2 mode adalah:
- mode 1 untuk ketinggian 0-1000 Mdpl (meter diatas permukaan laut)
- mode 2 untuk ketinggian 1000-2000 Mdpl (meter diatas permukaan laut)
- mode 3 untuk ketinggian 2000-3000 Mdpl (meter diatas permukaan laut)
- mode 4 untuk ketinggian 3000-4000 Mdpl (meter diatas permukaan laut)
cuma saya sangsi….ada nggak yaaaaa gunung setinggi 4000 mdpl yg masih bisa didaki pake motor matic dan ini lah yg saya suka dari injeksi PGM-FI karena memberikan keleluasaan terhadap saya untuk menset sesuai keinginan tanpa harus refott2 ke beres , walaupun dibilang injeksi setengah hati
woke setelah tahu batasan tiap2 mode maka tutorial selanjutnya adalah cara membongkar panel depan (cover front top) , untuk meng akses DLCnya….dan caranya adalah sebagai berikut:
- lepas 2 skrup pada cover depan (posisinya ada di bawah setang stir)
- angkat cover bagian bawah …dan setelah terangkat dorong keatas (kearah setang stir)
- DLC connector terlihat di sisi atas batre
- lepas dummy socketnya
- hubungkan kabel / penghantar listrik lain (saya pake pinset) pada kabel hijau strip biru dan cokelat untuk inisialisasi setting dan melihat error system yg tersimpan pada memory internal ECU
berikut video cara membongkar cover front topnya:
nah sekarang beranjak ke cara setting mode nya ….caranya antara lain:
- cara setting altitude mode #1 :
- pastikan kunci kontak pada posisi OFF
- pasang jumper pada DLC connector
- putar throttle pada posisi2 full
- putar kunci kontak ke posisi ON
- mil akan menyala
- sesaat kemudian mil akan berkedip
- langsung lepaskan throttle
- mil akan berkedip 1 kedipan konstan tanda bahwa setting berhasil
videonya:
videonya:
setting altitude mode 2
videonya:
videonya
note: pastikan ketika saat awal DLC jumper dipasang dan kontak dihidupka (tanpa memuntir throttle) MIL mati…..jika MIL hidup lakukan inisialisasi reset ecu….. cara reset ecu…nanti tunggu artikel berikutnya yeeeeee
with-video/