Surabaya menjadi kota kelahiran pertama MarkPlus.Inc. Hari ini, Selasa (21/5/2013), di Hotel Shangri-la Surabaya, pertama kalinya mengadakan Indonesia Marketeers Festival yang berlangsung meriah.
Ada sekitar 1000 pemasar, pengusaha, masyarakat umum dan para pemuda Indonesia, mulai dari para profesional, akademisi, hingga wirausaha pemula, berkumpul dalam suasana riuh menyatukan misi bagaimana menjadi juara pemasaran lokal sebagai kunci menuju nasional champion, kemudian menjadi Internasional champion.
Acara yang berlangsung pukul 10.00 WIB didatangi Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur dengan membuka sesi pertama penyerahan penghargaan Indonesia Youth Start-up Icon 2013 kepada 3 pemenang wirausaha muda, dilanjutkan penyerahan penghargaan Service Excellence Award, Women, Netizen Research Study, Indonesia Brand Champions dan penghargaan Surabaya Marketeers Champions 2013. Kemudian peresmian acara dibuka dengan pemukulan gong oleh Herman Kartajaya Founder & CEO MarkPlus.Inc, Gus Ipul Wakil Gubernur Jatim dan Setyo Riyanto, Direktur Retail dan Properti PT. Pos Indonesia.
Kebanggaan akan kota kelahirannya, Surabaya, diutarakan Hermawan Kartajaya, dalam acara bertajuk 'Jatim Kuat Indonesia Jaya'. Hermawan mengatakan, ajang ini memicu berbagai industri untuk lebih mengembangkan marketing lokal sebagai posisi yang mampu mencetak kejuaraan. Orang Surabaya bisa menjadi marketer yang hebat.
"Berbanggalah kita dalam dunia desentralisasi lokal. Surabaya bangga dengan kulinernya, Madura bangga dengan Bebek Sinjaynya, dan setiap kota atau daerah punya cara masing-masing memperkenalkan keunggulannya. Dan marketing harus jadi juara di kampung halaman masing-masing," aku Hermawan, pria humoris yang sedang memakai hem biru bermotif bunga-bunga kecil ini.
Dalam suasana hangat, ditambahkan oleh Gus Ipul, menjadi sukses adalah kuncinya berpikir cerdas, jujur dan terbuka. Sebagai Wakil Gubernur Jatim, untuk memasarkan daerah atau kota adalah dengan membanggakan produk kota itu sendiri.
Rangkaian acara mengupas evaluasi dan strategi dengan tema 'On Becoming Local Champion' ini dibagi menjadi empat sesi. Pada sesi pertama, dibuka dengan keynote sesion, membahas 3 jurus utama menjadi juara lokal. Sesi kedua, pembelajaran sebagai National Champion oleh PT. Pos Indonesia, bertema 'Be the Real Network Company'. Sesi ketiga, membahas kiat sukses BUMN/BUMD meraih peluang menjadi juara lokal, dan sesi keempat, kiat sukses jurus mengelola pelanggan, produk dan brand oleh Hermawan Kartajaya.[faf/kun]
Sumber : beritajatim