Optimasi image pasti semuanya pada berpikir optimasi image di search engine image, apakah mesti begitu? Menurutku tidak selalu. Optimasi image terkadang dimaksudkan untuk kebaikan pengunjung, baik itu bot atau human. Syukur-syukur kalo search engine menghitung kebaikan untuk visitor menjadi parameter di SERP.
Sebenarnya banyak cara untuk mengoptimalkan image. Namun secara mayor saya lebih suka menjadikannya 6 faktor saja, sedangkan yang lain bisa jadi termasuk optimalisasi namun terhitung minor (belum tentu—teori spekulatif).
Apa saja ke-6 faktor tersebut.
Ukuran file
Tentu saja maksudnya adalah sebuah image yang ringan dan cepat diload oleh browser. Tipsnya:
Photoshop dan manfaatkan save for web (kualitas jadikan 50% dan pilih progressive)
Sesudah image dikompress dengan photoshop, dilanjutkan dengan image resizer dari toolkitnya windows (memangkas besar file lumayan bagus).
Image File name
Image/gambar yang paling sering diproduksi oleh kamera yang secara default akan memberikan nama yang unik pada tiap-tiap gambar, misal: DCA121212.jpg. Tentu akan lebih baik kalo di-rename menjadi sebuah nama yang user friendly misal: 5-cara-optimasi-image.jpg.
Menurut penulis pribadi tidak mengapa menulis nama file menjadi panjang, dengan syarat keyword dipasang di awal. Untuk pemisah lebih baik menggunakan tanda hubung.
Alt Text
Artinya kurang lebih begini: “Gambar bisa dilihat oleh mata manusia, search engine tidak punya mata. Jadi tidak bisa melihat gambar tersebut. Yang bisa dilihat oleh search engine adalah alt text tersebut.
Image Title
Kurang lebih sama dengan alt text, tetapi untuk keperluan deskripsi gambar untuk visitor, akan muncul jika kursor diarahkan pada image sendiri. Perbedaannya dengan alt text, penulisannya lebih baik di buat lebih detail dan tidak perlu tanda hubung, bisa dipisahkan dengan spasi (biar pengunjung lebih mudah untuk membacanya). Manfaat lain image title adalah membuat pengunjung lebih lama mencermati sebuah halaman page (mengurangi bouncing rate).
Surrounding Text
Atau lebih gampangnya, perulangan keyword yang ada di file name, alt text, image title dalam text. Sebaiknya ada di paragraf sebelum dan sesudahnya image.
Image Captions
Fungsinya hampir mirip dengan image title, namun muncul langsung di bawah image. Kebanyakan fokus pengunjung akan otomatis mencari informasi gambar secara langsung. Jadi manfaatnya juga sama, yaitu mengurangi bouncing rate.
Sumber : [You must be registered and logged in to see this link.]
Sebenarnya banyak cara untuk mengoptimalkan image. Namun secara mayor saya lebih suka menjadikannya 6 faktor saja, sedangkan yang lain bisa jadi termasuk optimalisasi namun terhitung minor (belum tentu—teori spekulatif).
Apa saja ke-6 faktor tersebut.
Ukuran file
Tentu saja maksudnya adalah sebuah image yang ringan dan cepat diload oleh browser. Tipsnya:
Photoshop dan manfaatkan save for web (kualitas jadikan 50% dan pilih progressive)
Sesudah image dikompress dengan photoshop, dilanjutkan dengan image resizer dari toolkitnya windows (memangkas besar file lumayan bagus).
Image File name
Image/gambar yang paling sering diproduksi oleh kamera yang secara default akan memberikan nama yang unik pada tiap-tiap gambar, misal: DCA121212.jpg. Tentu akan lebih baik kalo di-rename menjadi sebuah nama yang user friendly misal: 5-cara-optimasi-image.jpg.
Menurut penulis pribadi tidak mengapa menulis nama file menjadi panjang, dengan syarat keyword dipasang di awal. Untuk pemisah lebih baik menggunakan tanda hubung.
Alt Text
Artinya kurang lebih begini: “Gambar bisa dilihat oleh mata manusia, search engine tidak punya mata. Jadi tidak bisa melihat gambar tersebut. Yang bisa dilihat oleh search engine adalah alt text tersebut.
Image Title
Kurang lebih sama dengan alt text, tetapi untuk keperluan deskripsi gambar untuk visitor, akan muncul jika kursor diarahkan pada image sendiri. Perbedaannya dengan alt text, penulisannya lebih baik di buat lebih detail dan tidak perlu tanda hubung, bisa dipisahkan dengan spasi (biar pengunjung lebih mudah untuk membacanya). Manfaat lain image title adalah membuat pengunjung lebih lama mencermati sebuah halaman page (mengurangi bouncing rate).
Surrounding Text
Atau lebih gampangnya, perulangan keyword yang ada di file name, alt text, image title dalam text. Sebaiknya ada di paragraf sebelum dan sesudahnya image.
Image Captions
Fungsinya hampir mirip dengan image title, namun muncul langsung di bawah image. Kebanyakan fokus pengunjung akan otomatis mencari informasi gambar secara langsung. Jadi manfaatnya juga sama, yaitu mengurangi bouncing rate.
Sumber : [You must be registered and logged in to see this link.]