Contoh kasus : Saat ada teman yang naik angkutan kelas ekonomi, kemudian dia mengeluh "Wah, ruangannya kotor, berisik, dan fasilitasnya rusak"
Jawaban kebanyakan orang pasti , "Biasa itu , kamu naik kelas ekonomi yah begitu, ga enak"
Jadi pola pikir masyarakat bahwa sesuatu yang murah itu PASTI tidak enak dan HARUS dibuat tidak enak, untuk membedakan dengan kelas berbayar mahal. Makanya di Indonesia susah untuk maju, karena emang terbiasa untuk tidak berfikir maju.
Parahnya pola pikir masyarakat diatas banyak diterapkan di sektor usaha dan UKM
Padahal salah satu strategi usaha adalah menjual sesuatu dengan harga yang terjangkau disertai layanan yang prima, atau dengan harga mahal tapi eksklusif, bukan dengan membuat sesuatu yang murah jadi ga enak, supaya konsumen mau beli yang mahal.
Jawaban kebanyakan orang pasti , "Biasa itu , kamu naik kelas ekonomi yah begitu, ga enak"
Jadi pola pikir masyarakat bahwa sesuatu yang murah itu PASTI tidak enak dan HARUS dibuat tidak enak, untuk membedakan dengan kelas berbayar mahal. Makanya di Indonesia susah untuk maju, karena emang terbiasa untuk tidak berfikir maju.
Parahnya pola pikir masyarakat diatas banyak diterapkan di sektor usaha dan UKM
Padahal salah satu strategi usaha adalah menjual sesuatu dengan harga yang terjangkau disertai layanan yang prima, atau dengan harga mahal tapi eksklusif, bukan dengan membuat sesuatu yang murah jadi ga enak, supaya konsumen mau beli yang mahal.